Brosur harus memiliki penampilan atau   kesan pertama (first impression) yang cukup menarik  mata meskipun hanya   dengan sekali lihat saja. Rata-rata orang menggunakan waktu hanya 3   detik untuk melihat sebuah iklan. Dalam waktu hanya sekian detik itulah   Anda harus bisa mencuri perhatian orang.
Kali ini saya hanya membahas tentang  cara mendesainnya saja, tidak termasuk ke dalam teknik print atau  penggunaan kertas print. Wajib Anda ketahui bahwa untuk  membuat sebuah  brosur printed (nantinya akan dicetak), wajib memenuhi  syarat dan  kriteria percetakan. Sehingga tampilan yang ada di komputer  mirip atau  menyerupai kualitas tampilan pada hasil cetak. 
Tips Pertama (desain)
Berikan foto wanita/pria yang menarik di bagian depan brosur. Ini digunakan dihampir semua produk di dunia. Bahkan pada perusahaan-perusahaan besar digunakan publik figur yang terkenal seperti para selebriti, atlit olah raga, ratu kecantikan tokoh masyarakat dan pemimpin organisasi besar. Tentunya jangan lupa juga untuk mencantuman foto produk kita, karena pada dasarnya produk kitalah yang dijual.
Berikan foto wanita/pria yang menarik di bagian depan brosur. Ini digunakan dihampir semua produk di dunia. Bahkan pada perusahaan-perusahaan besar digunakan publik figur yang terkenal seperti para selebriti, atlit olah raga, ratu kecantikan tokoh masyarakat dan pemimpin organisasi besar. Tentunya jangan lupa juga untuk mencantuman foto produk kita, karena pada dasarnya produk kitalah yang dijual.
Foto orang yang digunakan sebagai figur  produk kita ini tidak boleh sembarangan. Harus disesuaikan dengan produk  yang kita jual. Misalnya kalau yang dijual produk kosmetik atau alat   kecantikan, maka harus menampilkan figur wanita yang juga cantik dan   menarik. Kalau yang dijual obat atau alat pelangsing tubuh, maka   tampilkan wanita yang memiliki tubuh yang langsing dan ideal. Kalau   produk yang dijual popok bayi, maka tampilkan bayi yang bertubuh sehat,   berkulit bersih, memiliki mimik muka yang menggemaskan dan lucu.  Harmoni  dan balance (seimbang) adalah kata singkatnya..
Perlu  diigat, masukkan foto punya  sendiri atau anda punya hak menggunakannya  agar tidak terkena klaim  copyright atau kepemilikan. Gambar ini  digunakan sebagai penguat dan  alat komunikasi visual (kadang bisa  menjadi testimonial non verbal).  Tanda kurung setelah tips adalah  penggunaan tips tersebut.
Tips Kedua (konsep)
Gunakan judul utama yang bombastis & fantastis (unpredictable, surprising, mengandung unsur WOW, jika memungkinkan memainkan segi emosi konsumen) sehingga menarik perhatian orang yang secara sekilas membaca untuk kemudian karena tertarik akan membaca ulang kembali dalam hatinya. Hal ini sebenarnya tidak terbatas, apapun itu (kita perlu memahami konsepnya; hubungan tulisan dan objek produk; ). Kita saja kadang membatasinya karena ruang lingkup tertentu.
Gunakan judul utama yang bombastis & fantastis (unpredictable, surprising, mengandung unsur WOW, jika memungkinkan memainkan segi emosi konsumen) sehingga menarik perhatian orang yang secara sekilas membaca untuk kemudian karena tertarik akan membaca ulang kembali dalam hatinya. Hal ini sebenarnya tidak terbatas, apapun itu (kita perlu memahami konsepnya; hubungan tulisan dan objek produk; ). Kita saja kadang membatasinya karena ruang lingkup tertentu.
Judul utama ini biasanya dicetak sangat   besar, memiliki jenis huruf yang unik, berwarna mencolok dan  mendominasi  halaman depan brosur. Kata-kata atau kalimat yang dipakai  tidak boleh  terlalu panjang, jadi judul utamanya harus singkat tetapi  bisa mewakili program promosi atau produk yang dijual. Kadang-kadang  kita sulit sekali  menemukan kata-kata yang menjadi kunci dari iklan  yang akan kita buat.  Oleh sebab itu janganlah terburu-buru dalam  menentukan kata-kata kunci  ini.
Buatlah  beberapa alternatif judul /  kata kunci, lalu tanyalah kepada beberapa  orang di sekitar kita apa  pendapat mereka dengan kata-kata tersebut.  Buatlah survey kecil-kecilan  agar Anda yakin betul bahwa judul utamanya  memakai  ata-kata yang  menarik perhatian banyak orang. Contoh penggunaan  judul utama yang  sering digunakan dapat Anda lihat seperti di bawah ini  :  “Cuci  Gudang”, “Diskon Gede-gedean”, “Beli 1 dapat 2”, “Lindungi  Mobil Anda”,  “Menu Istimewa”, “15 menit dari pintu tol” dan lainya.
Judul utama ini kadang-kadang juga   menggunakan problem/masalah utama yang ada pada konsumen yang dituju,   misalnya : “Problem Kegemukan?,  “Bermasalah dengan Jerawat?”,· “Susah   Buang Air Besar?
Tips Ketiga (konsep dan desain)
Gunakan nuansa warna yang sesuai dengan produk dan target pembeli Anda. Anda perlu membaca filosfi warna untuk memahami lebih mendalam pada artikel warna. Ini juga sangat penting karena penggunaan warna-warna tertentu ternyata mempengaruhi daya tarik konsumen tingkat/golongan tertentu pula. Misalnya, untuk produk mainan anak-anak akan lebih sesuai dan lebih menarik bila digunakan warna-warna dasar yang terang. Untuk produk asesoris remaja putri akan lebih menarik bila lebih banyak menggunakan warna pink.
Gunakan nuansa warna yang sesuai dengan produk dan target pembeli Anda. Anda perlu membaca filosfi warna untuk memahami lebih mendalam pada artikel warna. Ini juga sangat penting karena penggunaan warna-warna tertentu ternyata mempengaruhi daya tarik konsumen tingkat/golongan tertentu pula. Misalnya, untuk produk mainan anak-anak akan lebih sesuai dan lebih menarik bila digunakan warna-warna dasar yang terang. Untuk produk asesoris remaja putri akan lebih menarik bila lebih banyak menggunakan warna pink.
Untuk  produk elektronik atau barang  berteknologi tinggi biasanya akan banyak  menggunakan warna biru, merah  dan hitam. Untuk produk interior exclusive  akan lebih baik banyak  menggunakan warna coklat, crème dan hitam. Jadi  komposisi warna ini  berfungsi juga dalam menarik perhatian orang-orang  dengan segmen yang  berbeda-beda.
Tips Keempat (konsep)
Cantumkan Harga (bila memungkinkan) atau Diskon produk Anda. Bila Anda yakin bahwa harga produk Anda paling murah atau diskon Anda paling besar dibanding dengan merek lain yang mutunya sama (point of interest produk), jangan ragu-ragu untuk mencantumkannya. Bahkan kalau memungkinkan jadikan harga tersebut sebagai unsur dalam judul Utama dan dicetak besar serta dominan. Harga yang murah dan mutu yang bagus adalah dambaan setiap konsumen termasuk Anda dan saya juga tentunya. Oleh sebab itu konsumen akan langsung tertarik bila harga produk yang mereka cari ternyata ada yang lebih murah dibanding dengan yang lainnya.
Cantumkan Harga (bila memungkinkan) atau Diskon produk Anda. Bila Anda yakin bahwa harga produk Anda paling murah atau diskon Anda paling besar dibanding dengan merek lain yang mutunya sama (point of interest produk), jangan ragu-ragu untuk mencantumkannya. Bahkan kalau memungkinkan jadikan harga tersebut sebagai unsur dalam judul Utama dan dicetak besar serta dominan. Harga yang murah dan mutu yang bagus adalah dambaan setiap konsumen termasuk Anda dan saya juga tentunya. Oleh sebab itu konsumen akan langsung tertarik bila harga produk yang mereka cari ternyata ada yang lebih murah dibanding dengan yang lainnya.
Kelima (konsep dan desain)
Gunakan penanda khusus pada judul utama seperti bentuk bintang, oval, lingkaran, kotak, tanda panah dan bentuk sign lainnya untuk berkomunikasi secara visual. Ini berfungsi untuk lebih memperkuat kesan dari judul yang telah ditentukan. Penanda khusus ini biasanya disebut Flashes.
Gunakan penanda khusus pada judul utama seperti bentuk bintang, oval, lingkaran, kotak, tanda panah dan bentuk sign lainnya untuk berkomunikasi secara visual. Ini berfungsi untuk lebih memperkuat kesan dari judul yang telah ditentukan. Penanda khusus ini biasanya disebut Flashes.
Kita tidak perlu menggunakan seluruh   cara diatas untuk kita masukkan kedalam sebuah iklan produk kita.   Mungkin hanya perlu satu atau dua cara saja yang bisa kita gabungkan   dalam materi iklan kita. Kalau kita memaksakan diri menggunakan kelima   cara diatas dalam sebuah iklan kita sekaligus, maka akan dapat   dipastikan bahwa layout atau disain iklan kita menjadi kacau dan malah   konsumen tidak mengerti pesan utama apa yang disampaikan dalam iklan   tersebut. Jadi pilihlah cara-cara yang menurut Anda sesuai dengan produk   Anda.
Setelah  kita menentukan cara apa  saja yang akan kita gunakan untuk menimbulkan  kesan pertama yang  menggoda pikiran dan hati konsumen, maka kita akan  masuk kedalam  tahapan berikutnya yaitu bagaimana agar brosur mampu  mendorong minat  (interest) konsumen terhadap produk kita. Untuk Anda  yang suka dengan  konsep desain, akan lebih mudah mengurai konsep menjadi  sebuah hasil  visual seperti brosur ini. Perlu Anda ketahui bahwa tips  ini lebi  cenderung ke penguasan konsep dan memainkannya dalam ranah  desain  visual.
Tips Keenam (konsep)
Buatlah Subjudul yang menjelaskan secara singkat maksud dari judul utama. Subjudul ini biasanya berupa kalimat pendek yang berisi ilustrasi singkat yang mampu membuat orang ingin melihat lebih lanjut. Jadi kalau Judul Utama biasanya hanya menggunakan sepatah dua patah kata, maka Subjudul biasanya adalah sebuah kalimat yang memiliki arti memperkuat dan mempertegas kesan dari judul utama.
Buatlah Subjudul yang menjelaskan secara singkat maksud dari judul utama. Subjudul ini biasanya berupa kalimat pendek yang berisi ilustrasi singkat yang mampu membuat orang ingin melihat lebih lanjut. Jadi kalau Judul Utama biasanya hanya menggunakan sepatah dua patah kata, maka Subjudul biasanya adalah sebuah kalimat yang memiliki arti memperkuat dan mempertegas kesan dari judul utama.
Kalimatnya harus mampu memancing benak   pembacanya untuk mau melihat/membaca lebih detail lagi kedalam isi   brosur tersebut. Perlu diperhatikan juga lokasi Subjudul tersebut di   dalam layout disain agar jangan terlalu jauh dari judul utamanya. Agar   tidak kacau antara Judul Utama dengan Subjudul, maka ukuran hurufnya   harus dibedakan. Jangan membuat ukuran huruf pada subjudul lebih besar   dari Judul utamanya. Jadi Judul Utama harus tetap dominan.
Contoh  Subjudul yang bisa mendorong  minat (interest) konsumen adalah sebagai  berikut; Bila Judul Utamanya  ”CUCI GUDANG…. !!!” maka pada Subjudulnya  kita bisa menambahkan kalimat  ”Dapatkan produk menarik & berkualitas  dengan harga yang  murah.”Contoh lainya adalah bila Judul Utamanya  ”PROBLEM KEGEMUKAN?”  maka subjudul supaya bisa lebih mendorong minat  konsumen kita gunakan  kalimat seperti ini; ”Atasi dengan metode yang  terbaru dari Kami. Bebas  dari rasa sakit & tanpa operasi.” Setelah  Konsumen membaca  Subjudul dan minatnya mulai timbul terhadap produk  kita, maka rasa  penasaran konsumen tersebut harus bisa terpuaskan saat  mereka membaca  lebih detail uraian (Body Copy) pada brosur kita.
Untuk brosur berupa ulasan dengan   tulisan yang berparagraf saya sarankan untuk membuat style yang sama   agar tercipta harmoni. Seperti layaknya membuat skripsi, surat dan   keperluan kantor lainnya. Mereka semua memiliki style yang sama. Ritme   irama yang juga sama. Contoh mudahnya adalah jika paragraf awal adalah   rata tengah maka buat isi paragraf yang mirip isinya rata tengah juga.   Anda wajib menggunakan tipografi yang tepat dalam rangka membentuk  kesatuan (unity).
Tips Ketujuh (konsep)
Agar brosur kita bisa menciptakan Keinginan (Desire) konsumen, maka Layout keseluruhan harus mampu mengilustrasikan atau menggambarkan keunggulan produk kita dengan baik. Buatlah uraian-uraian (copy) yang menerangkan dengan lebih detail keistimewaan produk yang dijual. Gambar-gambar yang ada di dalam brosur juga harus secara gamblang meng-expose nilai jual / selling point dari produk tersebut.
Agar brosur kita bisa menciptakan Keinginan (Desire) konsumen, maka Layout keseluruhan harus mampu mengilustrasikan atau menggambarkan keunggulan produk kita dengan baik. Buatlah uraian-uraian (copy) yang menerangkan dengan lebih detail keistimewaan produk yang dijual. Gambar-gambar yang ada di dalam brosur juga harus secara gamblang meng-expose nilai jual / selling point dari produk tersebut.
Terangkanlah kepada konsumen bahwa   produk kita akan membuat hidup mereka lebih baik. Dan bila perlu   terangkan juga bahwa setelah membeli produk tersebut mereka tidak perlu   takut dengan layanan purna jual. Bila produk Anda memiliki garansi,  maka  informasikan juga kepada konsumen melalui brosur tersebut.  Cantumkan  diskon istimewa yang bisa Anda berikan kepada konsumen.
Pada produk-produk tertentu seperti   elektronik atau otomitif, sebaiknya masukkanlah gambar/foto (icon)   bagian-bagian dari produk yang memiliki keunggulan fungsi. Bila kita   mengambil contoh produk mobil yang akan dijual, maka tampilkan foto-foto   seperti; Lampu depan yang futuristik, tempat duduk yang nyaman,   Interior yang mewah, dashboard yang bagus atau mesin yang tangguh dan   efisien. Berilah keterangan yang berhubungan dengan gambar/foto/icon   yang ditampilkan.
Tips Kedelapan (desain)
Beri ruang kosong sebagai atau space yang cukup. Terlalu penuh akan membuat orang malas membaca atau melihat karena terlihat kacau. Bila dicermati, pada brosur yang sukses (mengkomunikasikan isi brosur) terdapat ruang kosong untuk menegaskan readibity dan legibility karya desain. Ruang kosong ini akan juga berkaitan dengan dominasi atau mengungkap apa yang ingin ditonjolkan. Pada beberapa ilmu terapan komunikasi visual terdapat beberapa hal yang diyakini adalah Prinsip-Prinsip dalam Tata Rupa & Desain Grafis dalam berkomunikasi.
Beri ruang kosong sebagai atau space yang cukup. Terlalu penuh akan membuat orang malas membaca atau melihat karena terlihat kacau. Bila dicermati, pada brosur yang sukses (mengkomunikasikan isi brosur) terdapat ruang kosong untuk menegaskan readibity dan legibility karya desain. Ruang kosong ini akan juga berkaitan dengan dominasi atau mengungkap apa yang ingin ditonjolkan. Pada beberapa ilmu terapan komunikasi visual terdapat beberapa hal yang diyakini adalah Prinsip-Prinsip dalam Tata Rupa & Desain Grafis dalam berkomunikasi.
Elemen-elemen terebut adalah
- Kesatuan (unity)
- Keseimbangan (balance)
- Proporsi (proportion)
- Irama (Rhythm)
- Dominasi (Domination )
Dengan adanya prinsip ini selain orang   mudah melihat, akan membuat hasil karya desain seperti brosur akan   sukses mengkomunikasikan varibel produk yang ditampilkan.
Tips Kesembilan (konsep)
Setelah konsumen terpuaskan keingintahuan terhadap produk kita melalui Body Copy yang ada, tentu kita ingin segera menggiring Mereka untuk segera Take Action bukan? Take Action itu bisa berupa langsung menghubungi nomor telepon kita, bisa juga datang langsung ke alamat toko/counter terdekat, atau bahkan langsung membeli bila kebetulan kita menyebarkan brosur tersebut pada sebuah Bazar/Pameran.
Setelah konsumen terpuaskan keingintahuan terhadap produk kita melalui Body Copy yang ada, tentu kita ingin segera menggiring Mereka untuk segera Take Action bukan? Take Action itu bisa berupa langsung menghubungi nomor telepon kita, bisa juga datang langsung ke alamat toko/counter terdekat, atau bahkan langsung membeli bila kebetulan kita menyebarkan brosur tersebut pada sebuah Bazar/Pameran.
Oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu   mencantumkan alamat dan nomor telepon serta nama orang yang bisa   dihubungi. Kalau kebetulan produk Kita dijual di beberapa tempat atau   memiliki beberapa kantor cabang, maka cantumkanlah semua alamat &   nomor telpon yang ada dengan jelas. Efek lain dari pencantuman seluruh   alamat yang ada akan membuat konsumen lebih yakin lagi untuk membeli,   karena menandakan bahwa usaha Kita maju dan berkembang pesat. Kantor   cabang atau jumlah counter yang banyak akan mengangkat Brand Image kita   lebih kuat.
Penulisan alamat dan nomor telepon ini   tidak perlu besar-besar. Yang penting cukup bisa terbaca dengan baik.   Penempatannya juga jangan sampai mengganggu unsur-unsur lain dalam   brosur yang lebih penting. Cukup diletakkan di bagian belakang dan di   bawah dari halaman brosur.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar